perintah html

Hypertext markup language (HTML)

HTML (HyperText Markup Language)
Ekstensi berkas .html, .htm
Jenis MIME text/html
Type code TEXT
Uniform Type Identifier public.html
Dikembangkan oleh World Wide Web Consortium
Jenis format Markup language
Pengembangan dari SGML
Dikembangkan menjadi XHTML
Standar W3C HTML 4.01
W3C HTML 3.2
W3C HTML 5 (draft)

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

Pendahuluan

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.
HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <b>TAMPIL TEBAL</b>. Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.

Markup/Tanda

Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:

  • structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh, <h1>Golf</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
  • presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut (contoh, <b>boldface</b> akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks,
  • hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, <a href=”http://www.wikipedia.org/”>Wikipedia</a&gt; akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
  • Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>).

Selain markup presentational , markup yang lin tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah teks. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets.

Contoh dokumen HTML sederhana

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>Halo HTML</title>

</head>

<body>

<p>Halo Dunia!</p>

</body>

</html>

Sejarah dari standar HTML

1-HTML DASAR ::
STRUKTUR DASAR DOKUMEN HTML
HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.

Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>
Disini Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>
  • Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:a. Tag
    Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter “<” dan “>“,  sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
    Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter “/” setelah karakter “<“), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

    b. Element
    Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:

    <title>
    ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
    Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
    </title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML

    Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML,  tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
    Contoh penulisan tag-tag yang benar

<p>
<b>
…………….
</b>
</p>
  • Contoh penulisan tag-tag yang salah
<p>
<b>
…………….
</p>
</b>
  • c. Attribute
    Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:
<TAG>
nama-attr=”nilai-attr”
nama-attr=”nilai-attr”
……………..
>
……………..

</TAG>

  • Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah <body bgcolor=”black” text=”yellow”>
  • d. Element HTML
    Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.

    Sintaks:
    <html>
    ……….
    </html>

    e. Element HEAD
    Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.

    Sintaks:
    <head>
    ………..
    </head>

    f. Element TITLE
    Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.

    Sintaks:
    <title>
    ………
    </title>

    g. Element BODY
    Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>.
    Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.

    Sintaks:
    <body text=”v” bgcolor=”w” background=”uri” link=”x” alink=”y” vlink=”z”>
    …………..
    </body>

    Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.
    Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.

  • LATIHAN
  • Gunakan teks editor misalkan “Notepad” untuk menyunting dan menyimpan script latihan di bawah ini. Untuk melihat hasilnya bukalah file tersebut dengan menggunakan web browser atau gunakan editor yang telah tersedia pada modul ini dengan mengklik menu Editor.
  • Latihan 1:
    Menampilkan teks:

    Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂

    Nama file: latihan1_1.html

<html>
<head>
<title>Latihan1-1</title>
</head>
<body>
Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂
</body>
</html>
  • Tugas tambahan:
    Gantilah teks tersebut dengan teks lainnya.

    Latihan 2:
    Merubah warna teks menjadi merah:

    Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂

    Nama file: latihan1_2.html

<html>
<head>
<title>Latihan1-2</title>
</head>
<body text=”red”>
Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂
</body>
</html>

  • Tugas tambahan:

    Cobalah untuk warna: maroon, black, yellow, white, lime, green, blue, red, olive, navy, purple, teal, gray, silver, fuchsia, aqua.

  • Latihan 3:

    Merubah warna background menjadi hitam.

    Nama file: latihan1_3.html

<html>
<head>
<title>Latihan1-3</title>
</head>
<body text=”red” bgcolor=”black”>
Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂
</body>
</html>

  • Tugas tambahan:

    Cobalah untuk warna: maroon, black, yellow, white, lime, green, blue, red, olive, navy, purple, teal, gray, silver, fuchsia, aqua.
  • Latihan 4:
    Merubah background dengan suatu gambar.

    Nama file: latihan1_4.html

<html>
<head>
<title>Latihan1-4</title>
</head>
<body text=”red” bgcolor=”aqua” background=”./images/image027.jpg”>
Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂
</body>
</html>
  • catatan:
    ./images/ = nama direktori file gambar disimpan
    image027.jpg = nama file gambar

2-HTML FORMAT TEKS
ELEMENT BR (Line Break)
Element BR berfungsi untuk ganti baris. Dan element BR ini tidak mempunyai tag penutup.

Sintaks:
<br>

ELEMENT P (Paragraph)
Element P berfungsi untuk ganti paragraf yang diikuti dengan baris kosong di awal dan akhir paragraf. Tag penutup </p> sifatnya optional jika suatu paragraf diikuti oleh paragraf berikutnya. Jika tag </p> diabaikan, maka paragraf itu tidak akan diikuti dengan baris kosong di akhir paragraf.
Element P mempunyai attribute yaitu align yang bernilai “left”, “center”, “right” yang menspesifikasikan posisi tepi horizontal dari paragraf (default: “left”).

Sintaks:
<p align=”left”|”center”|”right”>
……………………..
</p>

ELEMENT H1,H2,H3,H4,H5,H6 (Header)
Element H1,H2,H3,H4,H5,H6 berfungsi untuk membuat header dengan format 6 jenis ukuran huruf  dan tercetak tebal. Nilai ukuran huruf terbesar adalah H1 dan terkecil adalah H6. Element ini mempunyai attribute yaitu align yang bernilai “left”, “center”, “right” yang menspesifikasikan posisi horizontal dari header (default: “left”).

Sintaks:
<hx align=”left”|”center”|”right”>
……………………..
</hx>

x : 1 … 6

ELEMENT B (Bold)
Element B berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak tebal (bold).

Sintaks:
<b>
……………………..
</b>

ELEMENT I (Italic)
Element I berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak miring (italic).

Sintaks:
<i>
……………………..
</i>

ELEMENT U (Underline)
Element U berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak garis bawah (underline).

Sintaks:
<u>
……………………..
</u>

ELEMENT PRE (Preformated text)
Element PRE berfungsi untuk menampilkan teks seperti apa adanya.

Sintaks:
<pre>
……………………..
</pre>

ELEMENT CENTER
Element CENTER berfungsi untuk menampilkan teks dengan posisi horizontal ditengah.

Sintaks:
<center>
……………………..
</center>

ELEMENT BASEFONT
Element BASEFONT berfungsi untuk merubah dasar ukuran huruf tampilan dari web browser. Attribute dari element ini adalah size yang merupakan ukuran  huruf dengan nilai “1” sampai dengan “7” pixel, atau berupa ukuran relatif ( + atau – ), default nya adalah “3” pixel. Element ini tidak mempunyai tag penutup.

Sintaks:
<basefont size=”pixel”>

ELEMENT FONT
Element FONT berfungsi untuk merubah jenis, ukuran dan warna dari tampilan huruf. Element ini mempunyai attribute color untuk merubah warna huruf, face untuk merubah jenis huruf (jika lebih dari satu jenis huruf, harus dibatasi dengan koma), dan size untuk merubah ukuran huruf (pixel).

Sintaks:
<font color=”warna” face=”font” size=”pixel”>
……………………..
</font>

ELEMENT HR (Horizontal Rule)
Element HR berfungsi untuk membuat suatu garis horizontal. Element ini tidak mempunyai tag penutup dan mempunyai attribute align untuk menempatkan posisi secara horizontal (“left”, “center”, “right”), size untuk ukuran ketebalan garis (“pixel”), width untuk ukuran panjang garis (“persen”), dan noshade (garis solid).

Sintaks:
<hr align=”left”|”center”|”right” size=”pixel” width=”persen” noshade

untuk mengetahui lebih lanjut

klik di bawah ini

html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: